17.11.12

Footbonaut, Rahasia Kehebatan Dortmund



Rahasia kehebatan Borussia Dortmund yang menjadi juara dua kali berturut-turut Liga Jerman akhirnya terbongkar. Ternyata mereka memiliki fasilitas latihan yang bernama Footbonaut.

Footbonaut adalah sebuah kubus besar dengan masing-masing sisinya berukuran 14 meter. Nah, dikendalikan melalui aplikasi dari telepon pintar, di dalam kotak ini seorang pemain dilatih melakukan passing alias mengoper bola dengan baik, benar, dan yang penting terarah.

Saat seorang pemain berada dalam kotak itu, bola segera bermunculan dari delapan arah. Tugas si pemain memasukkan bola ke sebuah kotak dengan mulus. Artinya tidak boleh tektok mengenai salah satu bagiannya. Namun sebelum dia menerima bola dari mesin, lampu akan menyala. Ibaratnya, lampu itu adalah orang yang akan mengoper bola padanya. Selama 15 menit, pemain itu akan berlatih memberikan operan dan juga penglihatan dengan baik.

Alat hebat yang merupakan hasil rekayasa dari Christian Guttler, orang Berlin, Jerman, ini yang membuat pasukan Jurgen Klopp bisa bermain dengan baik. Bahkan, Sir Alex Ferguson sempat bilang, Dortmund merupakan salah satu kandidat juara Liga Champions.

Klopp menyatakan alat yang bernama Footbonaut membuat para pemainnya meningkatkan penguasaan bola di lapangan.  “Tidak saja membuat kemampuan menguasai bola dengan tepat tapi juga kecepatan pada pemain. Paket yang sempurna,” katanya.

Sedangkan Kepala Perekrutan klub ini, Sven Mislintat alat ini bisa dipakai untuk memantau perkembangan para pemainnya dengan tepat.  Semua perkembangan pemain memang bisa dipantau melalui alat ukur di alat ini.

Lihat videonya:


1 comment:

berbol said...

wah makanya bisa kalahkan madrid heheh

Post a Comment