18.4.12

Golfoot, Memadukan Golf dan Sepak Bola



Mencampurkan sepak bola dengan permainan lainnya bukan hal yang baru. Para pembalap motor biasa bermain sepak bola dengan cara mengendarai sepeda motor. Atau di Brasil misalnya, pernah diselenggarakan permainan sepak bola yang dilakukan dengan mengendarai mobil. Layaknya film Cars, mobil-mobil itu menjadi pemain sepak bola.
Lain lagi dengan Golfoot, permainan gabungan antara golf dan sepak bola. Mainnya di lapangan golf dan tidak ada yang berubah kecuali lubangnya yang diperbesar hingga berkali-kali. Bola golf yang awalnya hanya sebesar telur pun diganti dengan bola yang lazim dimainkan dalam permainan sepak bola.

Inilah cara para pensiunan pemain sepak bola dalam mengumpulkan uang untuk amal. Mereka adalah Cristian Karembeu – pemain Prancis yang salah satunya pernah bermain di Sampdoria, Teddy Sheringham – legenda Inggris yang pernah main di Manchester United dan Tottenham Hotspurs, lalu ada Blaise N’Kufo yang terakhir bermain di Liga Amerika Serikat atau MLS. Mereka diundang ke Lausanne, Swiss untuk memperagakan permainan unik ini.

Bukan saja unik tapi juga lucu. Lihat saja, di lapangan golf mereka tetap mengenakan baju layaknya bermain sepak bola. Lengkap dengan sepatu dan kaos kakinya. Satu yang menguntungkan, mereka tidak perlu berlarian sepanjang waktu seperti yang dilakukan dalam sepak bola. Mereka cukup berjalan sambil mengobrol.

Bagaimana cara bermainnya? Ternyata tidak beda dengan permainan golf. Mereka harus memasukkan bola ke dalam tiap lubang dengan cara menendang. Masing-masing dari mereka memiliki bola sendiri yang dibedakan dari warna atau motifnya. Semakin sedikit pukulan, eh tendangan yang mereka lakukan untuk menggiring bola ke dalam lubang, dialah pemenangnya.  Teriakan goal pun berganti menjadi hole.

Namun permainan ini tidaklah gampang. Mereka harus bisa menentukan daya kekuatan yang pasti untuk mengarahkan bola ke lubang-lubang tersebut. Hal berbeda dengan cara mengayunkan stik golf. Selain itu, tiupan angin bisa mengubah arah bola. Tapi ternyata semua itu tak membuat kegembiraan para pensiunan itu redup. Mereka tetap tertawa dan gembira. Sebuah rekreasi yang menyenangkan, sepertinya. Goaaaal eh hole menjadi puncak permainan ini.

Image: lematin.ch