23.2.17

KEJAM BET! GARA-GARA SALTUM, PENDUKUNG SETIA VERONA DILARANG MENONTON KLUBNYA BERLAGA LAGI




Sepak bola Italia sudah sejak beberapa tahun belakangan memang kurang lagi peminatnya. Para pecandu bola termasuk @ngiknguks lebih demen menonton pertandingan sepak bola di Liga Primer Inggris atau La Liga Spanyol. Lebih seru, pastinya.

Tapi cuitan dari @JamesHorncastle terpaksa membuat @ngiknguks melongok ke liga ini, bukan di Serie A tapi melongok sedikit ke bawah ke Serie B. Menurut si pemilik akun itu, di Italia sana, pengelola sepak bolanya kembali mengeluarkan larangan pada pendukung klub untuk menonton pertandingan tim kesayangannya.

Gara-garanya, sederhana. Si penonton yang merupakan pendukung klub Verona ketangkap kamera dengan pakaiannya yang aneh dan nyentrik. Dalam pertandingan melawan Avellino, 11 Februari lalu, dia datang ke stadion dengan mengenakan baju handuk yang biasa dipakai selepas renang atau mandi. Tak hanya itu, dia juga mengenakan topi kupluk. Memang sih saltum alias salah kostum.

Tapi DASPO yang merupakan kependekan dari Divieto di Accedere alle manifestazioni SPOrtive --- lembaga yang ditugaskan untuk menekan tingkat kekerasan yang ditimbulkan dalam kegiatan olahraga, menyebut tindakan si pria itu sebagai sebuah kesalahan. Mungkin dianggap akan memancing pendukung lainnya mengolok-olok dan bisa saja terjadi keributan. Akibatnya dia tidak boleh menonton Verona dalam pertandingan berikutnya.  

Pendukung Verona ini memang nakal luar biasa. Bulan Januari lalu, dia juga berulah yakni dengan mengenakan pakaian yang lagi-lagi saltum. Ketika Verona menjamu Salernitana dia datang ke stadion dengan memakai pakaian ski es. Rupanya peringatan DASPO tak diindahkannya. Walhasil, hukuman itu pun turun.


Sepak bola Italia memang begitu sih. Padahal di Inggris, berpakaian macam apa pun selama tidak bikin onar, tidak jadi masalah. Ingat waktu Michael “Mick” Cullen, supporter Everton yang Agustus tahun datang ke stadion dengan hanya menggunakan celana renang.

Tak ada tindakan apa-apa buat dia. Malah Mick yang tampil dengan sempak birunya itu kemudian terkenal dengan sebutan Speedo Mick.

Punya komentar?