4.10.14

Menganggur dan Nyaris Bangkrut, Pahlawan Piala Dunia Jerman Ditawari Jadi Cleaning Service


Andreas Brehme adalah orang yang membuat Diego Maradona menangis tersedu-sedu. Di final Piala Dunia 1990 di Italia, dia menjadi satus-satu pencetak gol di pertandingan final antara Jerman Barat melawan Argentina. Tapi sebiji gol dari tendangan penalti itu membuat Jerman menjadi juara dunia untuk ketiga kalinya dan membuat Argentina, termasuk Diego Maradona menangis terisak-isak.


Sudah pasti bek kiri yang jadi pemain hebat di Inter Milan ini bertabur ketenaran dan juga uang. Tapi, ternyata itu hanya cerita. Kini, dia miskin. Dia dililit banyak uang selepas tak lagi bekerja. Terakhir dia pernah menjadi asisten Giovanni Trapattoni di VfB Stuttgart pada tahun 2005. Tapi setelah itu, dia jadi pengangguran dan akhirnya tabungannya ludes. Kasihan.

Semua hartanya sudah dijual, termasuk rumah tapi tak cukup untuk menghindari dari dia benar-benar terancam. Bisa-bisa sampai Desember kelak dia tidak bisa melunasi hutang-hutang yang mencapai 200 ribu euro dia benar-benar bangkrut.  

Franz Beckenbauer, pelatih Brehme pada tahun 1990, telah secara terbuka menyatakan sepak bola Jerman harus membantu pria berusia 53 tahun itu keluar dari kesulitan.  "Kita memiliki tanggung jawab untuk mencoba dan mendapatkan dia keluar dari situasi ini," seperti dikutip oleh Corriere dello Sport.

"Dia telah memberikan banyak untuk sepak bola Jerman dan sekarang kita harus berterima kasih padanya dengan membantu dia."

Bantuan itu lekas datang. Tak jauh-jauh dari temannya juga. Olivier Straube, salah satu temannya menawarkan Brehme untuk bekerja di perusahaannya, yakni biro cleaning service.  Pekerjaannya ya itu membersihkan toilet.

"Dia tentu tahu pekerjaan yang baik dan akan membantunya. Bagi saya, itu membantu. "

Tak ada komentar dari Brehme. Tapi, tawaran Straube ini jelas tidak menarik. Sialnya, untuk sementara tawaran itu yang datang untuknya. Kini, kiprah sepak bola Jerman sangat ditunggu-tunggu untuk memberikan pekerjaan buat Brehme yang lebih baik.  Bagaimana pun dia telah memberikan bintang ketiga untuk Jerman.

Punya komentar?




Lihat aksi Brehme

No comments:

Post a Comment