21.10.12

Liga Inggris Jadi Ajang Wisata



Hampir satu juta orang datang ke Inggris tahun lalu. Tahu apa yang mereka lakukan di Inggris? Menurut survey di sana, ternyata kebanyakan dari mereka datang ke sana untuk menonton pertandingan sepak bola secara langsung.  Kini, sepak bola Inggris tidak lagi menjadi semata ajang pertandingan sepak bola tapi juga telah menjelma sebuah daya tarik wisata.

Padahal tiket Liga Inggris tidak murah. Lagi pula, di Inggris sendiri berkembang isu yang kurang elok yakni soal rasisme dan kekerasan. Toh, nyatanya Liga Primer Inggris menjadi salah satu daya tarik wisata.

Menurut catatan VisitBritain, jumlah pendukung sepak bola yang menonton langsung ke stadion mencapai 900 ribu orang.

Menteri Olahraga dan Pariwisata Inggris, Hugh Robertson, menyatakan Liga Primer sebagai salah satu ekspor penting dari negeri itu. “Sehingga tak mengherankan bila dia menjadi daya tarik bagi mereka yang ingin merasakan atmosfer liga terbesar di dunia saat ini.”

Mereka yang datang ke Inggris membelanjakan uang 706 juta poundsterling atau sekitar  £785 per orang. Angka ini£200 lebih tinggi dari rata-rata orang yang datang ke Inggris yang biasanya datang ke sana pada bulan Januari hingga Maret.

Daya tarik sepak bola Inggris ini banyak menarik mereka yang berasal dari Norwegia, yang mencapai hingga 80 ribu orang. Negeri lainnya adalah Ireland (174,000),  Amerika Serikat (61,000), Spanyol, (54,000) dan Jerman (48,000).

Sebanyak empat orang dari sepuluh yang datang ke Inggris menyebut alasannya untuk menonton sepak bola.  Kebanyakan dari mereka datang ke  Old Trafford, lalu ke Anfield.

Liga Inggris sendiri memang sudah menjadi daya tarik. Dia masih menjadi tontonan televisi yang paling banyak diminati. Siaran langsung Liga Primer dinikmati di 212 negara dengan ditonton hampir 720 juta orang.

Richard Scudamore, CEO Liga Primer menyatakan jumlah penonton terus meningkat. “Target kami bisa mencapai 900 juta pendukung. Dengan demikian, akan mengundang orang untuk datang lebih banyak lagi ke Inggris untuk menonton pertandingan secara langsung."

Sumber: Guardian

1 comment:

Anonymous said...

Pantesan mereka makin kaya

Post a Comment