Unik Cara Klub Ini Mengajak Donor Darah



David Luiz yang kini menjadi back tangguh Chelsea. Dia adalah salah satu pemain hasil binaan klub Vitoria. Kini, klub ini hanyalah anggota Liga Serie B di Liga Brasil. Namun dalam soal kemanusiaan klub ini jauh lebih berbicara. Pengurus klub ini mengajak para pendukung klub ini untuk ikut menyumbang darah yang tentu akan berguna bagi siapa saja, tak peduli fans atau musuh klub mereka, tapi siapa saja yang membutuhkan. Mulia sungguh.

“Kami meminta kepada para pendukung klub untuk memberikan darah. Dengan inisiatif ini, pendukung klub dapat ikut serta secara aktif dalam kampanye ini. Dengan cara ini, mereka dapat memberikan sesuatu yang penting bagi kemanusiaan, bagi mereka yang membutuhkan,” kata  Presiden klub ini, Alexi Portela Junior
Kampanye pun dimulai. Dalam beberapa pertandingan, para pemain pun mengusung spanduk dalam ukuran besar, yang berbunyi: “Selama ini Vitoria telah memberikan darah untuk kalian. Sekarang giliran kalian memberikan pada kami.”


Tapi bagaimana caranya? Klub ini memiliki kostum Merah-Hitam, secara horizontal. Kira-kira persis seperti baju tukang sate asal Madura dalam iklan-iklan di televisi. Dalam rangka kampanye donor darah ini, mereka membuang warna merahnya itu sehingga jersey mereka berwarna belang putih-hitam.

Pendukung setia tentu tak ingin jerseynya berubah seperti itu. Jersey mereka akan kembali menjadi belang Merah-Hitam bila semakin banyak para pendukungnya memberikan darah sebagai donor. Jumlah pendonor akan menentukan setiap belang putih yang ada. Semakin banyak, secara bertahap, sesuai dengan jumlah darah yang mereka berikan, belang merahnya akan terus bertambah dan akan mengembalikan keutuhan jersey mereka: belang merah-hitam.
Sungguh mulia.