25.4.12

Dari 13 Botol Plastik Jadilah Jersey Keren



Bukan sulap, bukan sihir. Dari botol plastik jadilah jersey. Makanya, jangan anggap remeh pekerjaan para pemulung. Sebab sampah yang mereka kumpulkan bisa jadi menghasilkan sebuah sejarah baru sepak bola. Itu bisa terjadi karena teknologi baru yang dipakai Nike dalam membuat jersey.


Produsen busana olahraga ini membuat jersey dari proses daur ulang 13 botol plastik yang biasa dipakai dalam air minum kemasan. Prosesnya mudah dipahami. Botol-botol plastik dikumpulkan, diremukkan, dan dilebur. Dalam keadaan cair itulah, plastik ini dibuat menjadi serat yang selanjutnya dipintal layaknya tekstil.

Hasilnya, luar biasa. Dengan jersey ini paling tidak, bumi menjadi lebih hijau karena 96 persen bahan ini didapat dari proses daur ulang. Namun yang paling penting, jersey yang 23 lebih ringan, mampu membuat badan tetap kering, dan aerodinamis. Gerak pemain bola tak terkendala dalam soal kegesitannya.

Ternyata ini bukan produk coba-coba. Jersey Oranye tim nasional Belanda merupakan hasil dari proses daur ulang ini. Klaas-Jan Huntelaar atau yang berjuluk si Pemburu yang bermain di tim nasional Belanda telah mencoba jersey ini. Jersey ini pun rencananya akan dipakai pasukan Oranje di Euro 2012 nanti.