24.4.12

Aldershot, Klub di Inggris Mohon Doa dari Dalai Lama



Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet dan juga pemuka agama Budha direncanakan akan berkunjung ke Inggris, selama 8 hari, Juni nanti. Di sela-sela kunjungannya itu, Dalai Lama juga direncanakan untuk bertemu dengan umat Budha di sana.


Nah, para pengurus klub Aldershot Town pun langsung girang tiada kepalang. Tempat yang dipakai acara yang rencananya akan dihadiri sekitar 7.000 orang, memang merupakan markas Aldershot Town. "Sebagai klub sepak bola kami senantiasa membangun hubungan yang baik dengan siapa saja tak terkecuali dengan komunitas Budha,"kata Richard Petty, salah seorang petinggi klub ini.

Sambung Petty, mereka menyambut baik kedatangan Dalai Lama dan juga umat Budha. "Berbeda tentu dengan saat kedatangan Margaret Thatcher, eks perdana menteri Inggris ke klub kami," katanya.

Sebentar.... Itu kutipan basa-basi alias diplomatis. Ada maksud lainnya, mereka tak ingin kesempatan itu lewat begitu saja. Kepada pemimpin Budha itu, di sela-sela acara itu pengurus klub minta agar klub mereka didoakan. "Kami berharap Dalai Lama mau memberkahi lapangan ini sehingga kami bisa tampil lebih baik di musim depan," kata Petty.

Ada alasannya. The Shots, julukan klub ini, naik ke League Two pada 2008 lalu setelah sebelumnya mereka mencoba bangkit setelah klub ini dibekukan karena kesulitan keuangan pada 1992. Namun sekarang klub ini memang lagi empot-empotan. Saat ini posisinya berada di dasar klasemen League Two. Siapa tahu doa itu manjur.

Di Inggris, klub sepak bola yang minta didoakan pemuka agama bukanlah yang pertama. Pada 2001, di Stadion Kassam, saat Keuskupan Oxford melakukan doa bersama pengelola klub minta agar mereka didoakan juga. Mereka percaya stadion itu kena kutukan kaum gipsy.

Meski soal keampuhan doa itu tidak ada kabar berikutnya, namun pengelola klub ini menginginkan agar rencana ini kesampaian.