5.3.17

Pelajaran dari Cederanya Torres: Pentingnya Keahlian P3K Pemain di Lapangan

Foto: themalaymailonline.com




Beruntunglah Atletico Madrid memiliki pemain macam Gabi dan Sime Vrsaljko. Saat Fernando Torres kehilangan kesadaran di lapangan akibat benturan di kepalanya, kedua pemain ini sigap memberikan pertolongan.

Keduanya berusaha membuka mulut Torres dengan maksud agar jalan pernapasannya tak terganggu. Saat itu mulut Torrres terkatup rapat. Meski untuk itu tidaklah mudah. Tangan Gabi kena gigit Torres yang tak sadarkan diri.

Kesigapan keduanya berhasil menghindarkan kemungkinan terburuk. Akibat jalan udara menuju otak tertutup, bisa berakibat fatal bagi Torres. Petugas medis pun bisa segera membawanya ke rumah sakit.

"Mereka melakukan apa yang harus dilakukan," kata Dr. Carlos Larino dalam program televisi 'El Partidazo' yang tayang di Spanyol, Kamis malam lalu. "Mereka sangat cepat dan apa yang mereka lakukan adalah sempurna."

Ini adalah buah dari pelatihan kepada para pemain sepak bola di negeri itu. Menyusul kejadian tak enak yang menimpa Antonio Puerta pemain Sevilla Spanyol, yang meninggal setelah mengalami serangan jantung di lapangan pada Agustus 2007.
Tragedi ini sangat menyentak. Satu di antara yang menjadi pembicaraan adalah karena tak adanya pertolongan pertama pada pemain yang mengalami kecelakaan di lapangan.
Bukan apa-apa, meski di pinggir lapangan pasukan medis selalu sigap namun waktu mereka tidak pernah akan cukup untuk masuk ke lapangan untuk memberikan pertolongan. Sedangkan waktu tak pernah mau menunggu.
Sejak itulah, pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) di lapangan pun mulai diberikan. Pemain tak lagi hanya berkonsentrasi pada permainan tapi juga harus sigap saat terjadi kecelakaan seperti yang menimpa Torres.  
Hasilnya menggembirakan. Tak hanya di Spanyol. Beberapa waktu lalu di Liga Republik Cek hal serupa, peristiwa yang menimpa Torres juga dialami oleh penjaga gawang Martin Berkovec yang kehilangan kesadaran setelah jatuh saat menyelamatkan gawangnya.
Nah, Francis Kone, pemain lawan yang sebelumnya terlibat perebutan bola itu langsung sigap. Persis seperti yang dilakukan Vrsaljko dan Gabi dia berhasil menyelamatkan Berkovec.
Dengan permainan sepak bola modern yang kian cepat dan kadang keras, juga mengundang risiko yang tak ringan, membutuhkan pemain yang tak hanya jago dribble, tendangan yang keras, atau piawai menjegal lawan, tapi juga dia harus pintar dalam soal P3K.
Punya komentar?

Baca juga berita tentang Torres
Pesan Profesor untuk Torres  
Fernando Torres Kena Samson Syndrome 
Dukungan Berhamburan, Torres Menutup Diri 
Model Baru Rambut Torres