7.6.12

Mulai Musim Depan Super Cup Digelar di China



China tak lama lagi akan menjelma sebuah kekuatan sepak bola yang dahsyat. Gelagatnya sudah terlihat dengan banyaknya pemain pensiunan yang bermain di Liga China. Nicholas Anelka, sudah memulainya dengan bermain di Shanghai Shenhua. Tapi ternyata itu tidaklah cukup.

Mulai musim depan, tepatnya pada 2013 – pertandingan Super Cup, atau di Liga Inggris dinamakan Community Shield – yang menjadi pembuka liga di Spanyol akan digelar di China. Hebat kan. Jadi orang-orang China bisa menyaksikan pertandingan antara juara La Liga melawan Copa del Rey atau Piala Raja. Pasti seru, karena bukan semata pertandingan eksebisi , kedua tim pasti akan bermain serius.

Kepastian ini tercapai setelah promoter China, Vansen International Sport menjalon kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Spanyol. Pertandingan bergengsi ini akan diselenggarakan di tempat wah pula yakni di Stadion Sarang Burung di Beijing, yang pernah dipakai untuk Olimpiade 2008 lalu.  Kontrak pertama ini akan berlangsung selama tujuh tahun. Total uang yang akan diperoleh federasi sepak bola spanyol adalah sekitar 40 juta euro.

Sebelumnya, Piala Super Italia juga digelar di sana sejak 2009. Hingga tahun ini sudah masuk ke pergelaran yang ketiga kalinya. Ini adalah ambisi China untuk membawa klub-klub besar di dunia ke wilayah mereka. Niat berikutnya adalah menggelar Community Shield di sana, dan tentu saja klub-klub besar dari Amerika Latin.  Cool….

No comments:

Post a Comment