Jelang el Clasico, Guardiola Luncurkan Buku





“Sin Parabas” atau yang berarti “No Comment” adalah buku paling baru dari klub Barcelona, yang diterbitkan persis sebelum duel el classico digelar nanti malam. Buku ini berisi sekitar 400 foto,  Hasil jepretan fotografer seperti Eduard Omedes, Pere Puntí, Pep Morata, Manel Montilla dan Claudio Chaves, dalam kualitas nomor satu yang mengetengahkan perjalanan Pep Guardiola selama empat musim memegang Barcelona. 


Resminya, buku ini akan diluncurkan pada 23 April besok.  Namun, buku ini sudah bisa didapatkan di berbagai toko buku di antero Spanyol. Lionel Messi ikut mempromosikan buku ini beberapa hari lalu. "Sampul bukunya bagus sekali," kata Pep. Dia menambahkan gambar di sampul itu menggambarkan dirinya dengan tepat.  


Klub ini rupanya doyan menerbitkan buku. Sepekan lalu, Cesc Fabregas pun meluncurkan buku tentang perjalanan karirnya selepas dia pergi dari Arsenal untuk kembali ke Barcelona. Buku yang menyamakan Cesc dengan Nemo, si ikan badut, yang dicari-cari oleh bapaknya.


Masih soal buku, hampir bersamaan dengan Cesc, pemain lainnya yakni David Villa yang baru saja sembuh dari cedera yang didapatkannya saat mereka tampil di Piala Dunia antar klub di Jepang, akhir tahun lalu. Meski demikian, menurut sang dokter, Villa dipastikan tidak dapat bermain di Euro 2012.


“Saya sangat gembira. Kaki saya berangsur membaik dan kami telah memasuki deadline untuk penyembuhan ini,” katanya. 


Buku tentang Villa ini yang berjudul Relats Solidaris de l’Esport dipersembahkan untuk Dani Montesinos, jurnalis yang tewas dalam sebuah kecelakaan. Montesinos adalah salah satu jurnalis yang ikut menulis buku tersebut. Penjualan buku ini disisihkan untuk amal buat Montesinos.


Sama seperti bukunya Villa, buku Cesc Fabregas dan si Bos Guardiola ini merupakan rangkaian amal yang dilakukan klub Catalan ini. Salah satunya untuk Christoper, pendukung setia klub ini yang wafat baru-baru ini.


Image: mundodeportivo.com