20.4.12

Di Matteo Buka Rahasia Kalahkan Barca



Kemenangan atas Barcelona memang belum menjamin Chelsea bisa meraih tiket ke final. Pertandingan Selasa depan, di Camp Nou masih harus mereka jalani dan itu bukan perjalanan yang mudah. Toh begitu, nama Roberto di Matteo sudah telanjur harum, paling tidak dalam beberapa hari ini. Mengalahkan Barcelona, juara bertahan, adalah sebuah prestasi yang luar biasa.



Kehebatan Di Matteo adalah saat dia berhasil memaksa dua pemain bertahannya, yakni Ivanovic dan Cahill untuk menjaga dan mematikan biang kerok kemenangan Barca, yakni Messi. Dengan disiplin dua pemainnya ini selalu berada tak jauh dari pemain yang paling berbahaya ini. “Jangan pernah Messi berlama-lama memegang bola,” perintah Di Matteo pada dua pemainnya itu.

Resep inilah juga, yang diperagakan saat Chelsea memberangus Tottenham Hotspurs di semi final Piala FA dengan skor 5-1. Telak. Beberapa hari kemudian, mereka membuat catatan manis mengalahkan pasukan Pep Guardiola yang kesohor itu.

“Banyak orang yang bilang pasukan kami terlalu tua. Bukan hanya Didier Drogba saja tapi juga banyak pemain lainnya dalam skuad ini. Mereka bilang bagaimana kami bisa bermain dalam dua pertandingan semifinal yang penting ini dalam waktu yang berdekatan,” kata orang Italia ini.

Namun, dengan rendah hati, Di Matteo mengungkapkan kebanggaannya pada skuad yang dibilang orang-orang sudah uzur itu. “Mereka memberikan jawabannya malam ini. Kami berhasil menghadapi cobaan dengan baik. Meskipun, kami sadar ini baru separuh perjalanan,” katanya.

Tak bisa disangkal, Roberto di Matteo adalah orang yang cerdas. Untuk menghadapi pertandingan away di Camp Nou, selain melakukan persiapan melawan Arsenal di Liga Inggris, dia kini sudah berkutat untuk menyaksikan sekitar lebih dari 400 video pertandingan Barcelona.

Bagaimana dengan persiapan Barcelona? Konsentrasi mereka pun terbagi dua, sebelumnya harus berhadapan dengan Real Madrid yang juga penting untuk menjaga kesempatan meraih tahta juara La Liga.

“Chelsea memiliki pertahanan yang luar biasa. Tapi nanti di Camp Nou, kami memiliki keuntungan. Kami akan lebih agresif. Tak ada pilihan lain. Jangan khawatir, apa pun yang terjadi dalam El Clasico besok, sama sekali tidak akan pengaruhnya dengan pertandingan Liga Champions. Kami akan mempertahankannya,” kata Andres Iniesta.

Apapun yang akan terjadi, pertandingan keduanya akan lebih seru dari pertandingan di Stamford Bridge.