6.7.12

Tragedi yang Membuat FIFA Setujui Goal Line Technology




Akhirnya, FIFA menyetujui penggunaan teknologi garis gawang dalam sepak bola. Dengan teknologi ini, gol yang menjadi perdebatan selama ini akan berakhir. Karena wasit, dengan keterbatasannya, akan dibantu dengan teknologi ini. Dalam siaran pers-nya, FIFA akan menerapkan teknologi dalam Piala Dunia 2014 di Brasil kelak.




Tapi, kenapa FIFA begitu sigap dengan penggunaan teknologi ini setelah sekian lama menjadi perdebatan. Satu yang membuat mereka mengambil keputusan ini adalah peristiwa yang terjadi dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Tendangan keras Frank Lampard yang membentur mistar dianggap bukan sebuah gol. Padahal dalam rekaman video, bola itu sudah melewati garis gawang yang artinya adalah gol. Akibatnya Inggris tersingkir dari Piala Dunia.



Nah, jika FIFA sudah menerapkan teknologi ini tidak serta merta pula teknologi ini akan digunakan dalam kejuaraan yang berada dalam lingkup konfederasi Eropa atau UEFA. Maklum Presiden UEFA tidak menyetujui penggunaan teknologi ini. “Bukan teknologi garis gawang saja saya tidak setuju, tapi seluruh penggunaan teknologi dalam sepak bola saya tidak setuju. Teknologi hanya akan mengintervensi sepak bola,” kata Platini.

No comments:

Post a Comment