19.5.12

Babi si Peramal Euro 2012



Lupakan si Paul, gurita peramal pertandingan paling sohor saat berlangsung Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, dua tahun lalu. Saat itu, Paul sangat pintar. Dia bisa menebak tujuh pertandingan Jerman dengan benar.


Dan yang paling fenomenal, dia berhasil menebak Spanyol menjadi juara dunia ketika mengalahkan Belanda. Percaya atau tidak, orang pun kemudian menjadi barometer terutama para petaruh sebelum pertandingan dimulai. Aneh memang, manusia percaya pada binatang. Tak lama setelah perhelatan itu pun Paul mati.

Ternyata hal itu tak berhenti. Yang paling anyar adalah penampilan keledai atau llama, di Sussex Inggris, yang memprediksi Chelsea akan menjadi juara Piala Champions malam nanti. Entah benar atau tidak, tak ada yang tahu.

Sebelumnya di Slowakia, kura-kura berkepala dua dipakai sebagai peramal pertandingan dalam pertandingan kejuaraan dunia hoki es.  Heidi, tupai yang bermata jereng atau juling yang ditemukan di Jerman tampil di televisi Amerika untuk memprediksi pemenang Oscar.

Ajang Euro 2012, rupanya tak mau ketinggalan. Pemerintah kota Kiev, Ukraina—salah satu negara tuan rumah mengumumkan binatang pengganti si Paul. Namanya belum ketahuan. Namun binatang ini adalah seekor babi asli Ukraina.

Berbeda dengan Paul yang tak punya muka, wajah si babi ini lebih jelas. Bentuknya ya wajah babi. Bisa jadi lucu, seperti si Piglet temannya Winnie the Pooh. Namanya juga belum ada keterangan.

Namun, si babi ini punya kemampuan dahsyat yang bisa menebak hasil pertandingan sepak bola di Piala Eropa nanti. “Dia mengetahui misteri dari pertandingan sepak bola,” begitu kata pernyataan resmi pemerintah kota Kiev.

Nantinya, setiap jam 4 sore, dia akan mempertunjukkan keahliannya dalam meramal hasil pertandingan. Caranya, dia akan meramal dengan cara mengendus bendera tim yang bertanding. Setelah itu dia akan menentukan pemenangnya.

Pemerintah kota Kiev membantah kalau mereka ingin membuat orang jadi percaya pada si babi itu. Mereka berkilah, tampilnya si babi ini hanya untuk meramaikan turnamen empat tahun sekali ini.

Nah, si babi ini – biar pun babi, yang pasti bulan depan dia akan menjadi perhatian seluruh dunia.