10.3.12

Harga Messi Rp 1,7 T Siapa Mau Beli?

Lima gol yang dibuat Messi di Liga Champions pekan kemarin, tidak saja membuat namanya langsung melambung ke puncak pemberitaan tapi juga membuat Pluri, konsultan pemasaran sepak bola di Brasil, buru-buru melaunching rilisnya. Harian Marca di Spanyol pun langsung menyamber berita mengejutkan itu.

Surprised memang. Biro keuangan ini memprediksikan harga Lionel Messi ini mencapai 140 juta Euro atau sekitar Rp 1,7 triliun. Harga ini meningkat 25 juta Euro, hanya dalam dua bulan, dari prediksi mereka sebelumnya yang mencapai 115 juta Euro. “Kenaikannya luar  biasa, 22 persen,”  kata seorang pegawai di perusahaan itu.


Meskipun, klausul harga pemain merupakan rahasia antara pembeli dan penjual pemain, toh harga Messi sebesar itu diyakini mendekati kenyataan. Harga ini separuh dari yang pernah ditawarkan pada Inter Milan-- saat klub itu bernafsu menggaetnya ke San Siro. Tapi itu memang harga itu hanya gertak belaka.


Dan, semisal harga ini benar dan Messi dilepas Barcelona dengan harga itu, sudah jelas rekor Cristiano Ronaldo yang dilepas Manchester United ke Real Madrid dengan harga 98 juta Euro tinggal kenangan. Selain itu, lagi-lagi kalau memang dijual, harga itu akan menutup semua biaya yang sudah dikeluarkan Barcelona yang mendatangkan Messi sejak berusia 13 tahun.

Harga yang masuk akal sebenarnya. Tiga tahun berturut-turut dia memperoleh penghargaan sebagai pemain terbaik FIFA. Dia juga berkali-kali mengantar Barcelona menjadi juara La Liga dan Liga Champions. Menurut Pluri, prestasi yang sulit ditandingi pemain lain yang ada saat ini.

Persoalannya siapakah yang mau membeli pemain semahal itu? Yang paling mungkin jelas Real Madrid. Mereka akan membayar berapa pun harga yang disodorkan Barcelona. Persis saat mereka menggaet Luis Figo, Zinedine Zidane, dan Cristiano Ronaldo. Pembelian dua pemain terakhir mencatatkan rekor transfer paling mahal di dunia.

Namun, jauh-jauh hari Messi menolak untuk pergi ke Real Madrid. Haram baginya, meski dibeli mahal jika harus menyeberang ke Santiago Barnebeau. Jadi tetap di Camp Nou? Belum tentu juga. Sepak bola adalah industri, barang bagus dengan harga mahal sayang juga bila tak dilepas. Tapi siapa yang mau beli?


1 comment:

Yazid said...

haha, udah kyk barang az ya ad harganya. tapi, kapan ya orang Indonesia bisa kyk gitu?hee
kunjungan dan komentar balik ya gan... salam persahabtan

Post a Comment