3.11.11

25 Tahun Lalu Fergie Masuk Old Trafford, Mereka Sedang…..


TEPAT pada perayaan Idul Qurban, 6 November besok, Sir Alex Ferguson merayakan ulang tahun peraknya berada di Old Trafford. Dia menjadi manager paling lama di dunia, barangkali kekuasaannya hanya kalah oleh Fidel Castro yang masih berada di tampuk kekuasaan di Kuba.

Tapi, mari kita putar sekejap waktu. Persis pada tanggal 6 November 1986. Saat, Ferguson yang sedang menangani Dundee United, klub Skotlandia mendapat tawaran menggantikan Ron Atkinson, manager sebelumnya, apa pula yang dilakukan para manajer klub lain yang kini jadi pesaingnya.  


Roberto Mancini (Manchester City)
Saat itu masih bisa berlari sekencang rusa. Maklum umurnya baru 21 tahun. Dia bermain di Sampdoria bersama legenda Italia lainnya, Gianluca Vialli.  Nah, pada saat hari ke dua, Fergie menjadi manager, saat itu Mancini tengah berjuang keras mengalahkan  AC Milan di Genoa. Mancini dan kawan-kawan menang 3-0.  



Mick McCarthy (Wolves)
Mick saat itu masih berusia 27 tahun. Dia berada di seberang, menjadi pemain Manchester City.  Beruntung bagi Ferguson, saat itu City sedang berjuang di kompetisi yang lebih rendah kastanya, divisi dua. City mengalami degradasi.

Paulus Lambert (Norwich City)
Saat itu dia baru berusia 17 dan baru memulai karirnya sebagai pemain di klub St Mirren, klub yang pernah juga diasuh Fergie pada 1974 hingga 1978. Karir Lambert menanjak, setelah bermain sebanyak 200 kali di Liga Skotlandia, dan pindah ke Borussia Dortmund. 


Steve Bruce (Sunderland)
Masih berusia 26 tahun dan bermain di Norwich City. Back ini kemudian menyita perhatian Fergie yang mengajaknya bermain di Old Trafford.. Pada 1987, dia pindah dengan bayaran £825 ribu.  

Alex McLeish (Aston Villa)
Anak buah Fergie di Aberdeen. Saat itu dia berusia 27 tahun, sempat diajak bergabung ke United. Sayang transfer itu tidak pernah terjadi.

Kenny Dalglish (Liverpool)
Empat hari setelah Fergie menjabat manager, ‘King Kenny’ baru saja menyelesaikan tugasnya sebagai pemain senior untuk Skotlandia. Di usinya yang ke 35, Dalglish tampil melawan Luxemburg dalam kualifikasi Euro 88.  

Arsene Wenger (Arsenal)
Profesor sedang pusing tujuh keliling. Saat itu, di usianya yang ke 37, dia merasakan getirnya menjadi manager AS Nancy-Lorraine yang harus turun peringkat ke divisi yang lebih rendah. Nancy hanya berhasil di urutan 19.  

Harry Redknapp (Tottenham Hotspurs)

Redknapp, saat itu berusia 39 tahun, sedang menikmati hidupnya di  Bournemouth. Prestasinya moncer. Dia berhasil membawa klubnya menjadi pemuncak di Divisi Tiga.   

Andre Villas-Boas

Maaf, dia masih berada di sekolah dasar. Dia baru berumur 9 tahun.  

No comments:

Post a Comment